GERMAS ala TP PKK Karya Bhakti

Bidan Desa bersama dengan Warga

Karya Bhakti – 16 April 2018

Saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan triple burden, karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM), dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Pada era 1990-an penyakit menular seperti ISPA (Inspeksi saluran Pernafasan Atas), Tuberkulosis, dan diare merupakan penyakit terbanyak yang menyumbangkan angka kesakitan di Indonesia. Namun di era 2000-an dengan adanya perubahan gaya hidup di masyarakat, terjadilah pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi) sehingga penyumbang angka kesakitan terbanyak di Indonesia menjadi beralih ke penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, hipertensi, penyakit jantung koroner, diabetus militus dan kanker.

Dilatarbelakangi hal tersebut di atas Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk mewujudkan Indonesia Sehat.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) itu sendiri dapat dilakukan dengan cara

  1. Melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit dalam sehari
  2. Mengkonsumsi buah dan sayur
  3. Tidak Merokok
  4. Tidak mengkonsumsi Alkohol
  5. Memeriksakan kesehatan secara rutin
  6. Membersihkan Lingkungan
  7. Menggunakan Jamban / Tidak BAB sembarangan

Pada hari ini, Senin 16 April 2018 Kampung Karya Bhakti mengadakan kegiatan rutin bulanan yaitu Posyandu PTM dan Posyandu Lansia atau yang biasa disebut warga Posyandu Sehat Sentosa. Bertempat di Balai Kampung Karya Bhakti dengan tema GERMAS.

Ibu Ketua TP PKK bersama dengan Warga senam bersama
Kebersamaan Ibu Ketua TP PKK Bersama Warga dalam Senam Bersama

Di Posyandu sehat sentosa bulan ini diisi kegiatan senam, pemagian gizi berupa susu dan pemeriksaan kesehatan oleh petugas dari Puskesmas Paduan Rajawali yaitu Bidan Desa Karya Bhakti, Bidan Anggraini, Amd.Keb., Bidan Lindasari, Amd. Keb., Bidan Sunarsih, Amd.Keb., dan turut hadir pula ibu ketua TP PKK Kampung Karya Bhakti, Ibu Suci Nuraini, S.Kep.

Kampung Ka-Ba sendiri juga sangat mendukung kegiatan GERMAS. Selain disaat Posyandu Kampung Karya Bhakti sendiri rutin di adakan kegiatan senam. Khusus untuk lansia di hari Jum’at pukul 16.00 WIB s/d selesai bertempat di Balai Kampung Karya Bhakti. Dan untuk senam umum sendiri dilakukan setiap hari selasa sore dan minggu pagi bertempat di lapangan Karya Bhakti yang letaknya sangat strategis di jantung kampung. Selain itu ada kegiatan gotong royong setiap hari Jum’at pukul 13.00 WIB.

  1. Posyandu Remaja setiap tanggal 1 tiap bulannya
  2. Posyandu Ibu Hamil (Posyandu cahaya) setiap tanggal 3 tiap bulannya.
  3. Posyandu Balita setiap tanggal 17 tiap bulannya.

Diharapkan dengan kegiatan GERMAS dapat menekan angka terjadinya penyakit tidak menular sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya berobat, meningkatkan produktifitas masyarakat karena badan sehat, lingkungan terjaga kebersihannya.

Kegiatan Kerja Bhakti – Ibu Ketua TP PKK Bersama Warga
Senam Rutin di Lapangan Karya Bhakti
Minum Susu Bersama sebagai wujud pemberian Gizi bagi Lansia
Pemeriksaan Kesehatan oleh Bidan Desa, Anggraini, Amd. Keb.
Posko Pemeriksaan Kesehatan selama Posyandu
Tim Kesehatan Puskesmas Paduan Rajawali

Kami Warga Kampung Karya Bhakti mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Salam Sehat dari Kami Warga KABA!.

 

Penulis: Suci Nuraini, S.Kep.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan