Pembinaan Persiapan Lomba Kampung Di Karya Bhakti

Suasana Pertemuan Persiapan Lomba Kampung

Karya Bhakti (19 April 2018) – Lomba Kampung adalah salah satu ajang bergengsi bagi kampung untuk menunjukan eksistensinya sebagai sebuah kawasan yang layak bersaing dalam kancah regional hingga nasional. Tak terkecuali untuk Provinsi Lampung yang juga menyelenggarakan tahapan penjaringan untuk memilih kampung terbaik yang akan diangkat hingga tingkat nasional. Setiap kabupaten di Provinsi Lampung menunjuk satu kampung sebagai perwakilan untuk bersama dievaluasi dalam lomba tersebut.

Termasuk Kabupaten Tulang Bawang yang juga ikut dalam lomba tersebut. Secara bergilir, kampung-kampung yang ada di Tulang Bawang ditunjuk untuk mewakili kabupaten. Kebetulan untuk tahun 2018 ini, Kampung Karya Bhakti ditunjuk untuk mengikuti lomba tersebut. Kabar tersebut disambut oleh pemerintah kampung dengan senang hati. Walau memang ada beberapa gejolak yang muncul di masyarakat terkait persiapan dan lain sebagainya. Akan tetapi hal itu berusaha diminimalisir agar tidak menjadi ganjalan dalam melaksanakan persiapan lomba kampung.

Salah satu upayanya adalah dengan dilakukan pembinaan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung/Kelurahan (DPMKK) Kabupaten Tulang Bawang. Setelah Kepala Kampung dan beberapa Aparatur Kampung berdiskusi dengan Kepala Dinas DPMKK – Bapak Yen Dahren, dikatakan bahwa selama proses persiapan menjelang lomba kampung akan ada beberapa proses pembinaan. Artinya pihak dari DPMKK akan melakukan kunjungan ke Kampung Karya Bhakti dan melakukan pembinaan langsung.

Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Yen Dahren, terkait dengan pembinaan langsung oleh Tim Persiapan Lomba Kampung tingkat kabupaten. Hari Kamis, 19 April 2018 dilakukan pembinaan secara langsung oleh tim tersebut. Bertempat di Balai Kampung Karya Bhakti, dihadiri oleh Bapak Zainal Abidin, SE. selaku Camat Meraksa Aji. Dan juga dihadiri oleh seluruh aparatur kampung, lembaga kampung dan beberapa perwakilan masyarakat.

Pembukaan Acara Pembinaan Persiapan Lomba Kampung
Aparatur, Lembaga dan Warga Masyarakat Kampung hadir dalam kegiatan pembinaan

Sekitar pukul 10.30  WIB, Tim Pembinaan Lomba Kampung hadir di lokasi. Perwakilan dari dinas DPMKK terkait pembinaan tersebut adalah Bapak Yudi Hermawan, Pak Edi, Bu Kernali dan Bu Yuliati. Acara dibuka secara seremoni sebagaimana biasanya. Dimulai dari pembukaan yang dilanjutkan dengan sambutan. Sabutan pertama disampaikan oleh Bapak Camat Meraksa Aji. Pak Zainal Abidin menyampaikan kepada seluruh yang hadir, bahwa di Karya Bhakti ada banyak potensi. Akan tetapi karena beberapa keterbatasan, ada beberapa potensi yang belum termaksimalkan. Maka dari itu, melalui forum ini beliau menyampaikan agar potensi-potensi tersebut dapat dimaksimalkan. Beliau juga berharap, semua kalangan melakukan upaya tersebut untuk menggapai cita-cita kampung Karya Bhakti agar menjadi yang terbaik.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Pak Yudi, selaku perwakilan dari DPMKK. Beliau menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan rapat di tingkat kabupaten bersama satker terkait. Maka dari itu, pihak Kampung Karya Bhakti dan Kecamatan untuk mempersiapkan diri agar dapat memberikan masukan-masukan untuk disampaikan di forum rapat nanti. Pak Yudi juga menyampaikan terkait dengan SKB 4 Menteri untuk kegiatan padat karya yakni HOK 30% di bidang pembangunan. HOK tersebut tertuang dalam APBKAM yang bersumber dari Dana Desa. Pertanggungjawaban Dana Desa tersebut disampaikan kepada masyarakat. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk memikirkan langkah strategis terkait pengembangan kampung. Terutama untuk lingkungan sekitar kampung agar menjadi lebih rapi dan indah. Itu sebabnya bersama-sama dengan masyarakat membangun kampung Karya Bhakti tercinta.

Selanjutnya, disampaikan oleh Bapak Edi, bahwa seremoni terkait dengan pembinaan selesai. Acara ditutup oleh pembawa acara. Dilanjutkan dengan pembinaan langsung, dari tim ke pada aparatur kampung, lembaga PKK dan yang lainnya. Semua persiapan dimulai dari awal dan tidak menggunakan sistem kebut semalam. Data yang dipersiapkan semua terdapat di Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 untuk melengkapi instrumen kampung.

Pembinaan Langsung kepada Bidan Desa dan Kader Posyandu
Penyampaian materi Instrumen Lomba oleh Bapak Yudi
Pembinaan Langsung Kepada Ibu-Ibu PKK
BPK berdiskusi dengan Kepala Kampung

Acara berlangsung dengan baik dan dilakukan pembinaan langsung oleh tim dari DPMKK. Acara selesai pukul 16.00 WIB, dilanjutkan dengan rapat internal aparatur kampung. Diharapkan dengan ditunjuk sebagai perwakilan lomba kampung, dapat mewujudkan Kampung Karya Bhakti sebagai kampung yang berkemajuan sesuai dengan visi misi kepal kampung.

Published by – WM

1 Comment

Tinggalkan Balasan