Sosialisasi hak asuh dan perlindungan anak

karyabhakti.desa.id | 25/08/2018 – Pendamping Program Keluarga Harapan atau yang lebih dikenal dengan singkatan PKH wilayah Kecamatan Meraksa Aji, pada hari ini melakukan sosialisasi terkait hak asuh dan perlindungan anak. Peserta sosialisasi merupakan warga masyarakat Kampung Karya Bhakti yang merupakan penerima langsung manfaat dari program tersebut. PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH melalui Kementerian Sosial.

Penyampaian Materi oleh Bp. Rohman (doc. karyabhakti.desa.id)

Disampaikan oleh Bapak Rohman, selaku koordinator pendamping PKH Kecamatan Meraksa Aji, bahwa penerima manfaat tersebut ditentukan oleh pemerintah dan bukan dari Kampung. Pemerintah memiliki data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menjadi acuan pengambilan keputusan. Sehingga apabila ada warga yang tidak masuk dalam kategori penerima manfaat padahal dia masuk kriteria, maka hal tersebut bukan permainan pihak-pihak tertentu. Akan tetapi karena keputusan dari pemerintah demikian.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, yang dimulai pukul 10.00 WIB bertempat di Balai Kampung Karya Bhakti, Bapak Rohman menyampaikan hal-hal terkait pentingnya peran orang tua dalam tumbuh kembang anak. Karena bagaimanapun, keluarga adalah lingkungan pertama kali yang dipelajari oleh anak. Sehingga setiap tindakan orang tua dalam keluarga, merupakan contoh pertama yang akan ditiru oleh anak.

Kegiatan semacam ini akan terus berkelanjutan karena memang Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat. Sehingga sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini, akan diadakan pertemuan – pertemuan lanjutan untuk menyampaikan materi pendampingan secara tuntas.

Pada kegiatan tersebut, hadir Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan, Bapak Karmanto, S.Pd. selaku pihak dari kampung yang bertanggung jawab untuk mengetahui warga yang mendapatkan manfaat dari PKH tersebut. Dihadiri pula oleh Ibu Suci Nuraini selaku Ketua TP PKK Kampung Karya Bhakti. Harapannya dengan kegiatan semacam ini dapat meningkatkan kesadaran keluarga dalam membina rumah tangga yang baik untuk mencetak generasi-generasi besar Bangsa Indonesia, khususnya di Kampung Karya Bhakti. (WM)

3 Comments

Tinggalkan Balasan