Pelatihan Linmas Kampung Karya Bhakti

 

Pembukaan Acara Oleh Kepala Kampung Bpk. Aris Fitriono, Amd.Kep

Karya Bhakti – Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas) Kabupaten Tulang Bawang  bekerja sama dengan Polsek Gedung Aji  menggelar acara pelatihan bagi anggota Linmas Kampung Karya Bhakti , Jum’at  (19/10/2018). Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi Linmas.

Pelatihan dan pemberdayaan Linmas digelar di Lapangan KABA Kampung Karya Bhkti  mulai pukul 13.30 WIB. Sebanyak 11 orang anggota Linmas mengikuti acara tersebut.

Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri Kepala Kampung Karya Bhakti bPK. ARIS FITRIONO, Amd.Kep dan Sekdes Kampung Karya Bhakti Bpk. M.ARIF SAIFUDIN, S.Pd.I dan Kasi Kesra Bpk. KARMANTO, S.Pd  dengan narasumber dari Polsek Gedung Aji ,

Salam Semangat Bersama Bpk. Babinkamtibmas dan Sekdes Kampung Karya Bhakti

Pada kesempatan ini, Kapolsek Gedung Aji  Yang dalam Acara Pelatihan ini di wakili Oleh Bpk. Pupung Ariyanto yang sekaligus Menjadi Babinkamtibmas kampung karya bhakti  dalam paparan materinya menyampaikan, Satlinmas adalah satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pemilu.

“Selain itu, juga bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan  membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau kelurahan,” jelas nya.

Selain itu, lanjutnya, Satlinmas juga mempunyai beberapa fungsi, yakni membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.

“Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan,” imbuhnya

Ada pun tugas Satlinmas yang lain, sebagaimana disampaikan oleh Bpk Pupung Ariyanto , yakni membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam harkamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara, dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di Kampung.

Kegiatan pelatihan berjalan dengan tertib, seluruh peserta tampak antusias dan serius dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan