Program PAMSIMAS Untuk Kampung Karya Bhakti

Karyabhakti.desa.id|23 Januari 2018 – Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Gambar 1 NARASUMBER Kegiatan Sosialisasi Pamsimas

Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Sehingga pada tahun 2018, Melalui program nasional tersebut, Kampung Karya Bhakti berkesempatan untuk bisa menikmati dan merasakan adanya program PAMSIMAS. Hal tersebut selaras dengan program pemerintah untuk berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pelayanan air minum dan sanitasi telah menjadi urusan wajib Pemerintah Daerah. Untuk mendukung kapasitas Pemerintah Daerah dalam menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), Program Pamsimas berperan dalam menyediakan dukungan finansial baik untuk investasi fisik dalam bentuk sarana dan prasarana, maupun investasi non-fisik dalam bentuk manajemen, dukungan teknis, dan pengembangan kapasitas. Program Pamsimas dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat melalui keterlibatan masyarakat (perempuan dan laki-laki, kaya dan miskin, dan lain-lain) dan pendekatan yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat (demand responsive approach) 1 . Kedua pendekatan tersebut dilakukan melalui proses pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan prakarsa, inisiatif, dan partisipasi aktif masyarakat dalam memutuskan, merencanakan, menyiapkan, melaksanakan, mengoperasikan dan memelihara sarana yang telah dibangun, serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan di masyarakat termasuk di lingkungan sekolah.

Gambar 2 Foto Bersama Narasumber dengan Peserta Sosialisasi

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan lintas sektor yakni terdirr dari perwakilan Puskesmas Paduan Rajawali, Pihak Pamsimas, Aparatur Kampung dan Masyarakat. Sebagai pemateri hadir Ibu Alfa Sukmawati, Amd.Keb beserta Bapak Agus Hanfi Nasution, Amd.Kep. selaku perwakilan dari Puskesmas Paduan Rajawali. Hadir juga Saudara Dwi Rizky Tambunan, Amd. KL dan Bapak Heri sebagai konsultan PAMSIMAS. Perwakilan Aparatur Kampung, M.arif Saifudin, S.Pd.I yang menjabat sebagai Sekretaris Kampung Karya Bhakti. Selain itu di hadiri juga dari KKM (Kelompok Kegiatan Masyarakat) maupun SATLAK (Satuan Pelaksana) dari dua Kampung yaitu Kampung Karya Bhakti dan Mulyo Aji pada intinya dalam pelatihan tersebut dengan adanya program PAMSIMAS masyarakat dituntut untuk bisa melaksanakan hidup sehat di antaranya:

  1. pembiasaan cuci tangan pakai sabun
  2. tidak bab sembarangan
  3. membuat saluran limbah rumah tangga
  4. pengolahan air minum berbasi rumah tangga
  5. pengolahan sampah organik maupun un-organic

Pak Heri pun menuturkan agar program pamsimas bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan bisa mendukung program hidup sehat yang berbasis masyarakat jadi sudah tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak melakukan semua itu karena sudah ada ketersedian air yang mencukupi terutama pengolahan air minum berbasis rumah tangga.

Demikian semoga program yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut dapat bermanfaat dan berjalan dengan baik.

By: WM

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan