Alhamdulillah, Pemilihan BPK Secara Demokrasi Berjalan Lancar

karyabhakti.desa.id|09 Februari 2019 – Pertama kalinya Kampung Karya Bhakti mengadakan pemilihan Badan Permusyawaratan Kampung atau yang lebih dikenal dengan istilah BPK dengan sistem demokrasi. Aturan yang dibuat atau ditetapkan oleh panitia menggunakan zona atau daerah pemilihan (dapil). Hal tersebut bermaksud agar terjadi pemerataan anggota BPK supaya tersebar di 4 RW. Jumlah BPK untuk Kampung Karya Bhakti sesuai dengan jumlah penduduk yakni 7 orang. Sehingga sebaran anggota sesuai dengan aturan yakni DPT atau jumlah pemilih paling sedikit diwakili oleh 1 orang anggota BPK. Sehingga didapat hasil bahwa RW 1 sampai 3 diwakili 2 orang BPK, sementara RW 4 diwakili oleh 1 orang BPK.

Gambar 1 Ceremony Pembukaan Acara Pemilihan BPK

Melihat antusiasme warga dalam memilih wakilnya, dapat disimpulkan bahwa warga mulai sadar akan kedudukannya sebagai pemilih untuk menentukan masa depan lingkungan tempat tinggalnya. Panitia Pemilihan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) menetapkan pada hari Sabtu tanggal 09 Februari 2019 merupakan hari H pemilihan secara langsung menggunakan sistem pemilihan di bilik suara. Seperti layaknya pemilihan umum, teknis dan tata caranya pun hampir sama. Waktu pemilihan dimulai pukul 09.00 WIB dan selesai atau ditutup untuk pemilih pada pukul 13.00 WIB. Bertempat di Balai Kampung Karya Bhakti sebagai Tempat Pemungutan Suara, dan dilaksanakan oleh Panitia yang berjumlah 11 orang dibantu 4 orang Linmas untuk memastikan pemilih berjalan dengan baik tanpa ada kecurangan. Mengingat antusiasme pendaftar cukup tinggi. Dari jumlah yang dibutuhkan sebagai anggota BPK adalah 7 orang, sementara pendaftar ada 20 orang. Pendaftar tersebut terdiri dari 18 laki-laki dan 2 orang perempuan dengan sebaran 8 orang calon dari RW 1, 4 orang calon dari RW 2, demikian juga dengan RW 3 dan RW 4 terdiri masing-masing dari 4 orang calon.

Gambar 2 Proses Penghitungan Surat Suara

Telah disahkan dan disepakati pada hari pelaksanaan serta penghitungan suara, bahwa apapun hasil yang diperoleh dari masing-masing calon merupakan hasil pilihan masyarakat. Maka harus dihormati dan dihargai. Tepat pada pukul 13.00 WIB, proses pemungutan suara resmi di tutup. Kemudian dilanjutkan penghitungan suara. BErikut merupakan hasil dari proses penghitungan suara.

Dengan demikian berdasarkan hasil pemilihan, maka ditetapkan oleh panitia 7 orang dengan peringkat tertinggi di masing-masing dapil sebagai anggota BPK Kampung Karya Bhakti masa jabatan 2019 – 2024 sebagai berikut.

  1. RW 1    : Dwi Putra AS. dan Supendi
  2. RW 2    : Ujang Kusasi dan Juaer
  3. RW 3    : Ahmad Kholisin dan Wianto
  4. RW 4     : Edi Nurahman

Semoga wakil dari Masyarakat tersebut dapat menyampaikan dan menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintahan kampung sehingga dapat menjadi kemajuan bersama di Kampung Karya Bhakti. Amiin Ya Robbal Alamiin. Dengan demikian berakhirlah tugas panitia pemilihan dan proses pemilihan BPK telah paripurna.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan