Internet Sehat Untuk Generasi Usia Dini

karyabhakti.desa.id | Minggu, 19 Mei 2019 – Perkembangan teknologi digital dewasa ini semakin pesat dan menjamur hampir di seluruh pelosok negeri. Adalah sebuah tantangan untuk dapat memanfaatkan teknologi tersebut menjadi sesuatu yang berguna. Sebagai mana pisau bermata dua, teknologi internet memiliki sisi positif dan negatif. Butuh kepiawaian dan keahlian khusus agar dapat bermanfaat bagi pemiliknya. Bahkan hal yang terdengar lucu atau mungkin dianggap sebagai sesuatu yang aneh jika ada orang di zaman ini yang sama sekali tidak mengenal dengan istilah internet. Karena hampir semua generasi pernah bersinggungan atau memanfaatkan baik langsung atau tidak langsung dari teknologi tersebut.

Berbicara masalah internet, tentu banyak aspek yang mengiringi perkembangannya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tersebut tidak terlepas dari berkembangnya gadget. Bukan sesuatu yang untuk ditakuti atau disalahkan atas perkembangan teknologi yang pesat ini. Tinggal bagaimana kita bisa mengimbangi dan mengarahkan agar generasi kita dapat menggunakannya dengan bijak dan bermanfaat. Kekhawatiran pasti ada, namun dibutuhkan juga strategi untuk menghadapinya. Terlebih berbagai konten tersebar luas di dunia maya, baik konten dewasa, anak-anak, remaja, agama, politik, ekonomi, hukum dan lain sebagainya.

Menghadapi tantangan tersebut, bersama dengan orang tua dan remaja yang peduli terhadap perkembangan teknologi secara sistematis mengadakan berbagai macam acara dan kegiatan untuk mengenalkan internet sehat kepada generasi dini. Termasuk di Kampung Karya Bhakti, Meraksa Aji, Kabupaten Tulang Bawang. Diprakarsai oleh Bapak Suratman, selaku pimpinan perpustakaan desa Karya Bhakti mengadakan kegiatan “Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat dan Pengenalan Budaya Lampung Tentang Lagu-Lagu Daerah Lampung”. Bertempat di Balai Kampung Karya Bhakti dan dihadiri lebih dari 20 anak generasi milenial bersama-sama dalam menyemarakan kegiatan tersebut. Didampingi asisten kegiatan, Inayah dan dihadiri pula oleh bapak Kepala Kampung Karya Bhakti, Aris Fitriono, Amd.Kep. nampak antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sebagai pengenalan awal, mereka dikenalkan pada manfaat dan hal-hal menarik yang bisa dilakukan dari internet. Tidak hanya soal video sharing, chatting dan game, tapi lebih dari pada itu. Bahwa banyak ilmu pengetahuan yang telah dibagikan oleh orang-orang hebat didunia untuk dipelajari bersama. Selain itu banyak karya yang dulu dianggap tidak mungkin, dapat diketahui dan mungkin diterapkan di tingkat desa. Semoga dengan adanya teknologi internet, dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk kampung khususnya dan anak Indonesia pada umumnya. Mari secara bersama-sama kita kuasai teknologi, jangan kita yang dikuasai oleh teknologi.

Berikut dokumentasi kegiatan, untuk yang mau mengunduh, silakan klik gambar di bawah.

by: WM

Tinggalkan Balasan