Sejarah Desa

Kecamatan Meraksa Aji dibentuk berasal dari sebagian wilayah Kecamatan Gedung Aji, beribu kota di Kampung Paduan Rajawali dengan luas 9.550,50 Ha atau 2,77% dari luas Kabupaten Tulang Bawang dan berjarak +  63 Km dari Ibu Kota Kabupaten Tulang Bawang.

Pada bagian Utara  Kecamatan Meraksa Aji berbatasan dengan Kecamatan Penawar Tama,  bagian selatan  berbatasan dengan Kecamatan Gedung Aji (Way Tulang Bawang), pada sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Gedung Aji, dan pada sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Penawar Aji.

Kecamatan Meraksa Aji memiliki 8 kampung / Desa yaitu

  1. Kampung Paduan Rajawali
  2. Kampung Bangun Rejo
  3. Kampung Sukarame
  4. Kampung Bina Bumi
  5. Kampung Karya Bhakti
  6. Kampung Kecubung Raya
  7. Kampung Marga Jaya
  8. Kampung  Mulyo Aji.

Jumlah penduduk Kecamatan Meraksa Aji  pada tahun 2016 sebanyak 15.128 jiwa dengan kepadatan penduduk 94,72/ Km². Jumlah Penduduk Menurut jenis kelamin Laki-laki sebanyak 7.872 Jiwa dan Perempuan 7.256 jiwa (data BPS tahun 2016). Potensi penduduk yang berada dalam usia pemilih sebanyak 10.455 jiwa berdasarkan hasil coklit.

Sementara untuk Kampung Karya Bhakti merupakan daerah transmigrasi tahun 1982, awal transmigrasi jumlah penduduk 600 KK. Dari tahun 1982 sampai dengan sekarang telah terjadi pergantian pemimpin/Kepala Kampung sebanyak 9 kali. Sekitar 1988 terjadi pemekaran kampung.

Kampung Karya Bhakti lama-kelamaan menjadi ramai dengan adanya pendatang yang ingin menetap dan tinggal di Kampung itu. Tak Kalah lagi Kampung Karya Bhakti sudah terkenal di kalangan penduduk atau kampung sekitar. Bahkan terdengar sampai keluar kota kabupaten.

Terdiri dari 4 dusun dan 16 RT kampung Karya Bhakti memiliki Luas Wilayah 750 Hektar. Batas Wilayah sebelah utara berbatasan dengan Kampung Kecubung Raya dan Mulyo Aji. Sebelah selatan berbatasan dengan Kampung Paduan Rajawali. Sebelah Timur berbatasan dengan Kampung Bina Bumi dan Sukarame. Sementara sebelah barat berbatasan dengan Kampung Kecubung Mulya.

Jumlah penduduk kampung Karya Bhakti sebanyak 2.452 jiwa dengan rincian jumlah laki-laki sebanyak 1.246 jiwa. Jumlah perempuan sebanyak 1.206 jiwa.

Facebook Comments